Home Top Ad

Responsive Ads Here

Nanas merupakan buah yang manis dan memiliki banyak kandungan vitamin. Namun jika Anda membelinya di pasar, Anda tidak bisa mencicip buah t...

5 Tips Mudah Memilih Nanas yang Manis dan Matang


Nanas merupakan buah yang manis dan memiliki banyak kandungan vitamin. Namun jika Anda membelinya di pasar, Anda tidak bisa mencicip buah tersebut karena kebanyakan sudah dibungkus rapi atau masih dalam keadaan belum dikupas. Jangan khawatir, berikut adalah cara memilih buah nanas dengan tepat. 


Ketahui 5 Tips Memilih Nanas dengan Baik 


1. Periksa Warna yang Dimiliki

Aspek pertama adalah warna buah tersebut, jangan sampai memiliki warna yang masih hijau gelap. Anda bisa memilih yang memiliki warna hijau cerah dan segar, ini menjadi tanda bahwa buah ini belum disimpan lama di penyimpanan. 


Jika Anda ingin segera mengkonsumsi nanas yang sudah dibeli, sebaiknya pilih yang memiliki corak warna kekuningan di buahnya. Bisa pula memilih yang kuning langsung agar buah yang dimiliki memang benar benar matang secara merata. Hindari membeli buah yang sudah memiliki warna kuning oranye, sebab menandakan sudah terlalu matang. 


2. Remas Nanas 

Cara kedua adalah dengan meremas bah tersebut, teksturnya bisa menjadi penanda apakah buah tersebut dijual dalam keadaan baik. Jika sudah matang sempurna, nanas memang tidak lembek, tetap kokoh, namun sudah cukup empuk untuk ditekan dengan jari. 


Jadi ketika Anda meremas buah nanas ini, terdapat kesan empuk, namun tidak berlebihan. Jika Anda meremas buah ini dan merasakan teksturnya terlalu keras, maka buah tersebut belum matang secara sempurna. Hal yang sama ketika teksturnya terlalu lembek, bisa jadi buah ini disimpan terlalu lama dan hampir membusuk. 


3. Aroma Nanas yang Khas

Buah ini memang memiliki aroma yang khas, apalagi jika sudah matang dan siap dinikmati. Meskipun belum dikupas, buah yang matang tetap mengeluarkan bau yang menandakan bahwa buah tersebut memang siap dikonsumsi. Anda bisa mencium aroma buah dengan mengarahkan hidung ke bagian pangkal buah. 


Apabila nanas yang Anda beli tidak berbau, besar kemungkinan buah tersebut belum matang secara merata, atau malah masih mentah. Hati - hati jika aromanya terlalu pekat, mirip dengan aroma fermentasi, kemungkinan besar buah tersebut terlalu matang dan tidak enak ketika dikonsumsi. 


4. Bandingkan Berat Nanas

Untuk melihat buah ini sudah matang atau belum, Anda bisa memeriksa berat dari dua buah dengan warna yang serupa. Buah yang matang akan memiliki ukuran yang lebih berat dan besar dibandingkan dengan yang belum matang. 


Nanas yang lebih berat juga menjadi tanda bahwa buah ini memiliki kandungan air yang lebih banyak. Rasa yang Anda dapatkan nantinya juga lebih manis, segar dan empuk, sehingga enak untuk dinikmati langsung. 


5. Tarik Daunnya 

Dengan pentingnya memilih buah yang segar, Anda bisa membeli langsung melalui distributor pertama dari petani. Saat ini sudah tersedia tanihub.com sebagai media pembelian buah dan sayur segar secara daring, yang memberikan banyak pilihan kepada pelanggannya. 


Nanas yang sudah matang akan lebih mudah ditarik daunnya, sebab lebih menonjol. Apabila masih sulit dicabut, kemungkinan besar buah ini masih mentah dan perlu diperam dalam jangka waktu yang lebih lama. Daun yang terlihat layu juga menjadi tanda bahwa buah sudah disimpan lama, jadi perhatikan dengan seksama. 


Memilih nanas memang cukup mudah jika Anda tahu ciri-ciri buah tersebut ketika matang. Apabila Anda membeli buah secara daring, pastikan memilih platform yang tepat seperti tanihub.com, dengan begitu buah yang Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan. 


0 comentários: